Minggu, 04 Februari 2018

Berbahaya bagi Tubuh Jika Terlalu Berlebihan Melakukan Kebiasaan ini.



Kita sering tidak menyadari melakukan sebuah kebiasaan yang “mungkin” kita anggap baik untuk tubuh, namun beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kebiasaan baik yang di lakukan secara berlebihan bisa mengakibatkan bahaya bagi tubuh.
Apa saja kebiasaan yang menurut kamu baik, tetapi berbahaya?

1. Minum banyak air putih
Kita sudah tahu kalau air putih bermanfaat bagi tubuh kita, salah satu fungsinya untuk membantu kerja ginjal agar mampu bekerja secara optimal, namun meminum air putih dalam jumlah banyak sekaligus ternyata mengakibatkan efek buruk bagi kesehatan.
Ya, kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, jika terlalu banyak minum menurut dr Michael Farrell dari Monash University risikonya adalah hiponatremia atau turunnya kadar natrium dalam darah. Saat kadar natrium terlalu rendah, efeknya adalah lesu, mual, kejang, dan pada kasus terburuk bisa memicu kematian. Saat paling baik untuk meminum air putih adalah saat kita haus, sehingga cairan yang masuk ke dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan kita.

2. Minum air kemasan
Memang lebih praktis dan mudah, ketika kita mengkonsumsi air meneral yang sudah dalam bentuk kemasan, tetapi tahukan kamu bahwa yang  berbahaya adalah jenis plastik air kemasan tersebut.
“Secara umum, air mineral botolan itu aman dikonsumsi. Tapi ini tergantung dari jenis plastik apa yang digunakan untuk membuat botol tersebut,” ungkap Michael Moore, profesor toksikologi dari University of Queensland, seperti dikutip dari ABC Australia.
Bila Anda lebih memilih membeli botol minum plastik biasa yang kebanyakan terbuat dari polycarbonate, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Polycarbonate terbuat dari bisphenol A (BPA), yang bisa ‘mencemari’ air dalam botol minum, terutama jika botolnya dipanaskan atau dicuci berulang kali. Pada botol minum yang terstandar, biasanya sudah tercantum kode daur ulang bernomor 7 untuk botol minum berbahan polycarbonate.
“Akan tetapi karena ada BPA dalam air, bukan berarti ini berbahaya lho. Dari berbagai riset tentang BPA yang dilakukan pada hewan, BPA memang menyebabkan berbagai gangguan seperti kanker, diabetes, obesitas dan gangguan perkembangan maupun reproduksi. Tapi efek ini belum tentu terjadi pada manusia,” terang Moore.

3. Olahraga di pagi buta
Mungkin sahabat Oke Catering, pernah atau bahkan sering olahraga berat pada pagi buta, ternyata olahraga pada watu tersebut membuat metabolisme tubuh menjadi terganggu. Dikutip dari Times of India, latihan yang terlalu berat di pagi hari juga dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh dan menempatkan Anda pada risiko infeksi virus serta bakteri.
Olahrga yang baik pada pagi buta, usahakan jenis olahraga ringan seperti Jogging.

4. Menyikat gigi langsung setelah makan
Ingat ya, menyikat gigi sebaiknya jangan dilakukan segera setelah makan. Diungkapkan drg Roseita Dewi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI), prinsipnya, menyikat gigi harus dilakukan pada saat dan dengan cara yang tepat. drg Ita, begitu ia akrab disapa, menekankan bahwa menyikat gigi sebaiknya tidak dilakukan segera begitu selesai makan, terutama setelah makan makanan dengan kadar gula tinggi atau makanan yang asam.
Menurut drg Ita, menyikat gigi setelah makan dapat mengikis struktur gigi terluar (enamel gigi). Apalagi bila makanan yang dikonsumsi sudah mengandung asam seperti minuman berkarbonasi, cuka, dan kuah pempek. drg Ita menyarankan setelah makan ada baiknya berkumur dengan air putih. Tujuannya, untuk menetralkan perubahan pH yang ada di dalam mulut, mengingat suasana asam akan melemahkan struktur gigi.


Untuk info tentang CATERING, kami menyediakan beberapa paket catering murah seperti paketprasmanan rumah dan gedung,menu spesial joglo/gubug, paket aqiqoh, aneka nasi kotak, paket coffee break, paket manten , Alamat Kantor : Jl Raya Bohar no 32 Wage-Aloha Sidoarjo(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah : No. 0857.0601.2354 & 0877.5262.9357
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar